Pemkab Tapanuli Utara Minta Kementerian Pupr Segera Bangun Jalan Alternatif Siborongborong


TAPANULI UTARA – Rombongan Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Sigit Sosiantomo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada tanggal 20-21 Oktober 2017. Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, yang menerima rombongan komisi V menyampaikan bahwa menyampaikan bahwa pembangunan jalan alternatif Siborongborong yang berlokasi di Dusun Situri-turi, Desa Lobu Siregar II, Kecamatan Siborongborog, perlu untuk segera dilaksanakan.

“Pembangunan jalan ini sangat mendesak. Jalan alternatif menjadi jawaban antisipasi kemacetan di Jalan Lintas Sumatera tepatnya di depan Pasar Siborongborong,” terang Nikson (20/10).

Terkait kebutuhan pembangunan jalan alternatif, Nikson mengatakan warga sekitar sudah bersedia menghibahkan tanah.

“Jalan yang diajukan dibangun sepanjang 6 km yang melintasi Desa Sitabotabo – Desa Sitabotabo Toruan – Desa Lobu Siregar II dan bahu jalan selebar 12 meter,” ujar Nikson.

Sebagai informasi, kemacetan yang terjadi di Jalinsum Pasar Siborongborong bila aktivitas pasar memuncak, yakni setiap Senin sore dan Selasa dapat terjadi hingga berjam-jam terutama pada saat jelang liburan dan hari raya seperti Natal dan Idul Fitri.

Paul Ames Halomoan, Kepala BBPJN II Medan, ketika mendampingi rombongan  Komisi V mengatakan bahwa pembebasan lahan untuk pembangunan jalan alternatif Siborongborong sudah dikerjakan sepanjang 6 km dan masih ada 6 km lagi yang belum dibebaskan. (nov)